Ulasan ViewSonic XG2431: 1080p 240Hz 1ms IPS FreeSync Gaming Monitor

ViewSonic XG2431 adalah monitor gaming pertama yang menerima sertifikasi Blur Buster Approved 2.0 untuk kinerja nyala lampu latar yang sempurna. Ini adalah monitor gaming 24″ 1080p 240Hz berdasarkan panel IPS dengan warna yang akurat, sudut pandang lebar, kecepatan waktu respons 1ms GtG yang cepat, dan dukungan kecepatan refresh variabel, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Kualitas gambar

Monitor ini didasarkan pada panel IPS 23,8″ 1080p 240Hz generasi baru oleh Innolux, bukan versi 24,5″ yang lebih umum yang dikembangkan oleh AU Optronics yang digunakan pada monitor game populer, seperti ASUS VG259QM.

Pengalaman menontonnya serupa. Anda mendapatkan kecerahan puncak 350-nits, rasio kontras statis 1.000:1, sudut pandang lebar 178°, dukungan kedalaman warna 8-bit yang sebenarnya, cakupan gamut sRGB standar, dan kerapatan piksel yang sedikit lebih tinggi (92,56 PPI).

Jadi, terlepas dari sudut mana Anda melihat monitor, kualitas gambar akan sempurna, sedangkan kecerahan 350-nit memungkinkan layar mendapatkan lebih dari cukup terang bahkan di ruangan yang cukup terang.

Rasio kontras 1.000:1 diharapkan dari teknologi IPS, jadi Anda tidak akan mendapatkan warna hitam pekat seperti Gaming Monitors VA (~3.000:1), tetapi jika Anda menginginkan pengalaman bermain game yang responsif tanpa tertinggal di belakang objek yang bergerak cepat, IPS adalah cara untuk pergi pada kisaran harga ini.

Selain rasio kontras yang biasa-biasa saja, monitor IPS juga mengalami IPS glow , tetapi intensitasnya bervariasi dari panel ke panel; dalam banyak kasus, itu dapat ditoleransi atau bahkan diabaikan.

Selanjutnya, monitor ViewSonic XG2431 mencakup 100% ruang warna sRGB, yang menghasilkan warna yang hidup dan akurat tanpa saturasi berlebih. Beberapa pengguna mungkin lebih menyukai gamut warna yang lebih luas karena variasi warna yang lebih baik dapat membuat musuh Anda lebih menonjol di lingkungan tertentu.

Namun, hanya dengan cakupan gamut sRGB dasar, warnanya masih terlihat kaya dan Anda dapat melihatnya seperti yang diinginkan pengembang. Selain itu, tidak ada model 1080p 240Hz+ dengan gamut warna lebar yang tersedia. Anda harus memilih model 1440p 144Hz+ untuk itu.

Resolusi 1080p terlihat tajam pada layar monitor berukuran 23,8″. Anda mendapatkan kerapatan piksel yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan model 24,5″ (89,91 PPI), tetapi perbedaannya tidak kentara. Yang terpenting, 1080p memungkinkan Anda mempertahankan kecepatan bingkai tinggi dalam game kompetitif karena tidak terlalu menuntut CPU dan GPU Anda.

Pertunjukan

ViewSonic XG2431 memiliki tiga mode overdrive waktu respons : Standar, Lanjutan, dan Ultra Cepat. Kami merekomendasikan untuk menggunakan mode Lanjutan karena akan mencegah ghosting dalam game serba cepat tanpa menambahkan overshot apa pun berkat kecepatan waktu respons piksel GtG 1 ms yang cepat.

Jeda input tidak terlihat pada ~3 md, jadi Anda tidak akan dapat melihat atau merasakan penundaan apa pun antara tindakan Anda dan hasilnya di layar.

AMD FreeSync didukung dengan rentang kecepatan refresh variabel 48-240Hz untuk gameplay bebas air mata hingga 240FPS. Di bawah 48FPS, LFC (Low Framerate Compensation) mengambil alih dan melipatgandakan frame rate untuk mencegah robekan.

Meskipun monitor tidak disertifikasi oleh NVIDIA sebagai ‘Kompatibel G-SYNC’, VRR bekerja tanpa masalah saat menggunakan kartu GeForce (seri GTX 10 atau yang lebih baru, melalui DisplayPort).

Fitur

Hidangan utamanya adalah teknologi PureXP+ MBR (Motion Blur Reduction) yang disetel oleh Blur Busters, yang mempopulerkan teknologi ini sejak awal dan terus berupaya meningkatkan implementasinya.

ViewSonic XG2431 adalah model pertama yang menerima sertifikasi Blur Busters Approved 2.0, yang memberikan berbagai keuntungan. MBR menggunakan lampu latar strobing untuk mengurangi keburaman gerakan yang dirasakan dengan mengorbankan kecerahan gambar dan terkadang dapat menimbulkan efek gambar ganda karena crosstalk strobo.

Dengan PureXP+, crosstalk strobo dan artefak visual lainnya diminimalkan dan bahkan tidak ada setelah semuanya diatur dengan benar. Untuk memulainya, Anda mendapatkan empat preset (Light, Normal, Extreme dan Ultra) yang menawarkan perbedaan antara kecerahan gambar dan kejelasan gerakan. Dengan mode Ultra, misalnya, gerakan menjadi paling jelas, tetapi juga mengorbankan kecerahan paling banyak, sehingga gambar menjadi paling gelap.

Selanjutnya, ada mode strobing yang telah disetel sebelumnya untuk 60Hz, 100Hz, 120Hz, dan 240Hz, sehingga Anda dapat mulai menikmati kejernihan gerakan yang ditingkatkan hanya dengan beberapa klik setelah menyalakan layar untuk pertama kalinya. Untuk hasil terbaik, kami sarankan untuk menggunakan 100Hz atau 120Hz dan membatasi frame rate Anda masing-masing ke 100FPS atau 120FPS – asalkan Anda dapat mempertahankan FPS itu dalam game.

Ada juga perangkat lunak ViewSonic Strobe Utility yang memungkinkan lebih banyak penyesuaian untuk pengguna tingkat lanjut dan penggemar kejernihan gerakan seperti CRT.

Perhatikan bahwa nyala lampu latar menyebabkan kedipan, yang tidak terlihat oleh mata manusia, tetapi mereka yang sensitif terhadap kedipan mungkin mengalami sakit kepala atau kelelahan mata setelah digunakan dalam waktu lama. Lampu latar sebaliknya bebas kedip dan ada fitur filter cahaya biru rendah.

Fitur permainan berguna lainnya termasuk Stabilisasi Hitam (meningkatkan visibilitas dalam pemandangan yang lebih gelap dengan mengubah kelengkungan gamma) dan berbagai prasetel gambar (FPS, RTS, dll.).

Menu OSD (On-Screen Display) diatur dengan baik, tetapi lima tombol pintas yang ditempatkan di bezel bawah tidak semudah digunakan sebagai joystick arah yang kami inginkan. Untungnya, Anda dapat melakukan semua penyesuaian yang terkait dengan nyala lampu latar di aplikasi desktop ViewSonic.

Desain & Konektivitas

Dudukan monitor kokoh dan serbaguna dengan penyesuaian ketinggian hingga 120mm, kemiringan -5°/15°, putar +/- 90°, pivot 90°, dan kompatibilitas pemasangan VESA 100x100mm.

Pilihan konektivitas termasuk dua port HDMI 2.0, DisplayPort 1.4, jack headphone, speaker terintegrasi 3W ganda, dan hub dual-USB 3.0.

Layar memiliki bezel ultra-tipis di bagian atas dan samping, dan dilapisi dengan lapisan anti-silau matte ringan yang menghilangkan pantulan tanpa membuat gambar terlalu kasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.